Minggu, 30 Mei 2010

Penyebab Gangguan Komunikasi Pada Anak

Gangguan komunikasi pada anak dapat disebabkan karena adanya gangguan pada masalah memproduksi kata-kata karena motorik mulut, gangguan sistem pernafasan, gangguan pendengaran sehingga tidak dapat mendengar apalagi mengingat kata-kata dengan jelas, tidak memahami arti kata dan mengasosiasikan dengan situasi serta keadaan lingkungan yang tidak mendukung anak untuk termotivasi berbicara atau mengembangkan kemampuan berbicaranya.

Secara fisiologis gangguan yang akan mengakibatkan tidak lancarnya komunikasi yaitu :

· Kondisi organ bicara mengalami kerusakan (bibir, gigi, pita suara, langit-langit keras atau lunak, rongga mulut, hidung, tenggorokan).

· Organ pendengaran yang berfungsi sebagai transmisi rangsang bunyi dari lingkungan dan diteruskan ke otak untuk menerima pesan tidak berfungsi dengan baik.

· Persyarafan pusat yang berfungsi untuk mengkoordinir sensorimotoris dalam berkomunikasi berfungsi untuk mendasari pikiran dan organ pola tindakan juga tidak berfungsi dengan baik.

Secara psikologis gangguan yang mengakibatkan tidak lancarnya komunikasi yaitu :

· Kecerdasan yang rendah yang mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan bahasa.

· Minat yang kurang pada lingkungan yang dilihat dan didengarnya.

· Tidak adanya dukungan dari lingkungan mengakibatkan tidak adanya stimulus untuk berinteraksi dan mengakibatkan gangguan dalam berinteraksi dan komunikasi.

· Masalah emosi anak, seperti anak yang menghadapi perceraian orangtuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar