Komunikasi merupakan suatu proses timbal balik yang terjadi antara pengirim dan penerima pesan. Proses komunikasi terdiri dari orang yang mengirim pesan, isi pesan serta orang yang menerima pesan. Keterampilan komunikasi pada umumnya berkembang sesuai usia, namun dapat juga terjadi hambatan yang disebabkan oleh gangguan pendengaran, ketidakmampuan fisik, gangguan perkembangan, ketidakmampuan belajar, gangguan perkembangan perfasif, autisme dan gangguan perilaku atau emosi.
Hal yang perlu ditekankan adalah kemampuan komunikasi tidak hanya kemampuan bicara tapi juga termasuk semua aspek komunikasinya. Aspek komunikasi itu sendiri meliputi kemampuan mendengar, kemampuan menjawab, cara berkomunikasi, kemampuan memahami kata-kata dan kemampuan menuangkan gagasan atau ide. Dengan demikian kita dapat membantu mengembangkan kemampuan komunikasi anak yang mengalami gangguan komunikasi karena sesungguhnya mereka masih memiliki potensi untuk berkomunikasi, misalnya dengan gerak tubuh atau dengan visualnya (Williams dan Wright, 2004).
Definisi Komunikasi Menurut Tokoh
Menurut Everet M. Rogers komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku.
Menurut Gerald R. Miler komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.
Menurut Carld R. Miler komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (lambing-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
Menurut Theodore M. Newcomb setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber kepada penerima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar