Minggu, 30 Mei 2010

Hal yang Perlu Dilakukan Pada Anak Dengan Gangguan Komunikasi

Apabila ditemukan gangguan komunikasi pada anak maka segera dilakukan evaluasi dini oleh tenaga profesional. Evaluasi yang dilakukan tersebut diantaranya adalah melihat kemampuan berbicara dan berbahasa anak menggunakan tes dan skala yang sudah terstandarisasi. Kemudian juga diamati apa yang anak mengerti, apa yang anak dapat katakan, komunikasi bahasa tubuhnya seperti menunjuk, menggeleng dan status oral-motor anak.

Apabila anak memerlukan terapi bicara dan konseling psikologis maka keterlibatan orangtua sangat berperan. Orangtua dapat membantu untuk mengevaluasi dan mengamati perkembangan komunikasi anak, mendorong perilaku anak untuk mau melakukan praktek komunikasi dan menjaga keseimbangan keharmonisan keluarga. Sedangkan tugas ahli adalah memberikan instruksi linguistik, bicara dan bahasa yang diintefrasikan ke dalam berbagai lingkungan secara bersama-sama, memberikan sugesti, relaksasi dan pengalihan perhatian.



Sumber :

Admin. 2009. Gangguan Bicara, berbahasa dan berkomunikasi. http://www.anakku.net/2007/08/09/contentgangguan-bicara-berbahasa-dan-berkomunikasi/. 17 Mei 2009. 10.43 PM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar