Minggu, 30 Mei 2010

Langkah-langkah yang dapat dilakukan Orangtua untuk Meminimalisir Enuresis

Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk dapat mengatasi masalah enuresis pada anak diantaranya adalah dengan cara :

· Mencari tahu penyebab anak mengompol, apakah ia mengalami gangguan medis, psikologis atau hal lain yang menjadi sumber ketegangan emosinya.

· Untuk mengetahui penyebabnya anak mengalami enuresis, orang tua harus berdialog dengan anak agar bisa menggali masalah yang sedang dihadapi anak. Pandai-pandailah mengajak anak berkomunikasi secara terbuka, namun jangan sampai membuatnya tegang, sedih atau malu.

· Jangan pernah merasa lelah bersikap sabar dan bijak. Rasa malu punya anak yang masih mengompol sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah.

· Jangan menghakiminya sebagai anak yang jorok, nakal, atau tak bisa mandiri. Anak justru akan menjadi semakin malu dan merasa bersalah.

· Selami perasaan anak, adakah kebutuhan yang belum terpenuhi atau apakah ia merasa kurang perhatian sehingga berusaha menarik perhatian orang tua dengan cara mengompol.

· Jalin komunikasi intens dengan anak, baik kualitas maupun kuantitasnya. Penuhi kebutuhan anak akan kehadiran orang tua di sisinya dan kebutuhan untuk didengar keluh-kesahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar