Kamis, 15 April 2010

JENIS GANGGUAN FISIK DAN PSIKIATRIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN TIMBULNYA KESULITAN BELAJAR

- Gangguan Fisik
Gangguan dalam sistem saraf pusat anak, pendengaran atau pengelihatannya, misalnya karena ada infeksi baik secara langsung atau tidak, trauma pada otak, penyakit bawaan, gangguan konduksi listrik (epilepsi), dan lain-lain.

- Gangguan Psikiatrik
1. Retardasi Mental, ditandai oleh tingkat kecerdasan anak yang berada dibawah rata-rata. Anak akan mengalami kesulitan dalam mengurus dirinya sendiri, melakukan pekerjaan rumah dan berinteraksi dengan lingkungan.
2. Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif, ciri utamanya anak kesulitan untuk memusatkan perhatian pada lebih dari satu situasi yang disebabkan karena kelainan fungsi inhibisi perilaku dan control diri.
3. Gangguan Tingkah Laku, anak yang mengalami gangguan ini akan mengalami kenakalan, sulit diatur, suka melawan, sering membolos, malas, motivasi belajar kurang, kurang disiplin dan perilaku anti sosial lainnya.
4. Depresi, anak dengan gangguan ini akan sering menyendiri, sering melamun, perasaan sedih yang berkepanjangan, kurang atau berlebihan nafsu makan, sulit tidur, kurang bertenaga, merasa rendah diri, sulit konsentrasi, merasa putus asa, dan hipo/hiperaktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar