Sabtu, 19 Desember 2009

curhat ?? bisa nggak yaa dalam bentuk tulisan

Saya adalah seorang gadis yang susah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, namun saya adalah orang yang senang berteman. Saya suka bercanda, bercerita dan berkumpul bersama teman-teman saya. Karena bagi saya teman adalah salah satu bagian yang ada dalam hidup saya. Saya bukan tipe orang yang suka memilih-milih teman sebenarnya, tapi adakalanya saya berhak menentukan siapa yang berhak mengenal saya dengan segala kelemahan dan kelebihan saya. Orang yang baik (itu standart) syarat utama teman yang saya cari, berteman dengan tulus dan bisa menerima keadaan diri saya. Begitu juga sebaliknya, saya sadar akan kekurangan saya dan saya sadar akan apa yang saya inginkan. Saya ingin memiliki teman yang baik jadi saya juga harus bisa bersikap sama terhadap mereka. Mungkin terkesan berlebihan tapi itulah adanya diri saya.

Saya sangat bersyukur atas semua teman yang telah Allah berikan pada saya, saya dipertemukan lalu diperkenalkan dengan mereka. Betapa bahagianya bisa mengenal begitu banyak orang satu persatu. Namun tetaplah yang namanya manusia selalu tidak pernah puas diri. Saya sendiri nggak mengerti dengan keadaan ini, saya mengaku jarang berpikiran negatif terhadap orang lain tapi apa yang saya rasakan ini sangat berbeda dengan apa yang saya ucapkan. Saya senang ada seseorang yang bersikap ramah kepada saya, tapi entah mengapa terkadang saya merasa curiga (kurang percaya) terhadap keramahan orang tersebut. Itulah sebabnya saya menjaga kerahasiaan diri saya sendiri, dalam arti saya tidak bisa menyampaikan atau menceritakan apa saja yang saya alami kepada teman-teman saya seperti mereka menceritakan pengalaman-pengalaman mereka kepada saya.


Karena keterbatasan itu maka akhirnya saya lebih memilih untuk menuangkan/menyampaikan apa yang saya alami, saya rasakan dan apa yang saya lakukan (baik senang maupun sedih, baik tenang maupun ketakutan) dalam sebuah buku harian (diary). Saya merasa nyaman ketika menuliskan isi pikiran saya kedalamnya, terlebih lagi tulisan-tulisan saya tersebut saya beri warna dengan warna yang bermacam-macam. Saya merasa dengan warna-warna tersebut tulisan saya menjadi lebih hidup. Haa.. lucu, jadi terkesan seperti anak kecil saya jadinya.

Yaa.. memang itu yang saya rasakan,
terkadang ada suatu pikiran dalam otak saya yang mengatakan : bukankah semua itu justru malah jadi terlihat seperti anak kecil yang baru belajar mewarnai ?? Kenapa saya masih menyukai hal-hal yang berbau kekanak-kanakan, apakah saya belum mampu untuk dewasa ??

Entahlah !!
Tapi dari yang saya pernah baca, menulis diary itu sangat bermanfaat, mengapa ?? Karena dengan menulis diary kita jadi akan terbiasa menceritakan apa yang kita rasakan atau kita alami dalam sehari-hari baik yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Dengan kata lain diary dapat dijadikan sebagai teman untuk berbagi. Tanpa sadar ternyata menulis diary merupakan terapi yang efektif untuk membantu diri kita memecahkan masalah, selain itu manfaat lainnya diantaranya adalah:
  • Menghilangkan stress. Dengan menulis kita bisa mencurahkan apapun yang kita rasakan tanpa rasa takut diketahui orang lain. Walaupun biasanya orang yang sering menulis diary itu adalah orang yang terkesan introvert namun tak dipungkiri bahwa orang ekstrovert pun ada yang memakai terapi ini untuk menghilangkan stresnya. Semakin banyak kita menulis masalah akan terlihat lebih jelas dan membantu kita mencari solusinya.
  • Sebagai inspirasi. Diary adalah tempat menuliskan semua ide yang muncul ide-ide yang muncul itu tidak boleh dianggap remeh meskipun awalnya kita merasa bahwa ide tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Tapi siapa yang tau jika mungkin saja dikemudian hari ide itu membantu kita dalam memecahkan masalah.
inspirasi.jpg
  • Alat penyimpan memori. Kemampuan manusia untuk mengingat apa yang telah terjadi dalam hidup baik itu peristiwa, pengetahuan atau pengalaman, atau hal-hal lainnya sangat terbatas. Kita akan mengalami kelupaan dalam hal-hal tertentu dan jika terus dipaksa mengingat pasti keadaannya tidak sama persis. Karena itu diary membantu kita mengingat kembali kejadian-kejadian atau hal-hal tersebut.
  • Tempat menuliskan apa-apa yang ingin dicapai. Diary dapat membantu kita mencatat apa yang kita inginkan atau kita capai dimasa yang akan datang. Dengan menulis hal-hal yang ingin kita capai, hal itu akan memacu kita untuk lebih semangat mencapai yang kita inginkan.Dengan menulis kita jadi merasa tidak terbebani dengan masalah-masalah yang ada di pikiran kita, kita tidak tertekan lagi dan menjadi lebih bersemangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar