Sabtu, 19 Desember 2009

Banyak pria mengkonsumsi rokok ?? Tidakkah mereka tahu bahayanya

Dulu ayah saya adalah seorang perokok dan saya yang saat itu tidak mengerti apa bahaya asap rokok justru malah bermanja-manja dengan ayah ketika beliau sedang merokok. karena itulah sedikit banyak saya jadi tahu nama-nama merek rokok saat itu. Namun begitu ayah mendapat tugas dinas ke luar kota (Kalimantan tepatnya), tiba-tiba ayah menelpon kerumah dan mengatakan kalau ayah mulai hari itu tidak mau merokok lagi, dan yang saya lihat saat itu ibu terlihat tersenyum . Mungkin jika saat itu saya mengerti saya juga akan tersenyum senang dan bangga pada ayah yang mau menghentikan kebiasaan buruknya.

Bagi seorang perokok untuk mulai berhenti tidak merokok sangatlah sulit, tapi entah mengapa saat itu ayah saya langsung bisa melakukannya begitu niat itu muncul. Jika dipikir lagi apakah mungkin gangguan pernafasan yang sempat saya alami dulu adalah salah satu akibat dari asap rokok itu sendiri ?? Karena dari yang saya pernah baca dan saya dengar dari media massa, disitu dikatakan dan ditulis bahwa perokok pasif itu lebih bahaya dari perokok aktif, benarkah ??

Ternyata akibat negatif dari rokok itu sebenarnya sudah mulai terasa pada saat seseorang pertama kali menghisap rokok. Tembakau yang terbakar itu menghsilkan CO (karbon mono oksida), tar dan nikotin yang terhirup masuk ke pernapasan.

Gas CO itu berpengaruh terhadap jalan napas dari pembuluh darah, dan lebih mudah terikat pada hemoglobin dari pada oksigen. Oleh sebab itu darah orang yang kemasukan CO dapat menyebabkan keracunan yang membawa dampak kematian. Sedangkan nikotin menyebabkan jantung berdebar dan meningkatkan tekanan darah serta kolestrol dalam darah. Kemudian asap rokoknya itu sendiri menyebabkan batuk atau sesak napas. Dari ketiganya itu dapat pula menimbulkan gelisah dan tangan gemetar serta keguguran kandungan bagi ibu hamil yang merokok.

Sedangkan bahayanya untuk perokok pasif adalah mengakibatkan infeksi paru dan telinga, gangguan pertumbuhan paru, dan kanker paru. Cara yang dapat dipergunakan untuk menjaga kesehatan kita adalah menambah asupan vitamin C jika kita berada diantara lingkungan perokok dan sebisa mungkin menjauhlah untuk menghindari asap rokok tersebut.

6 komentar:

  1. gmn caranya kalo udah disaranin utk berhenti ngerokok tapi masih ngeyel? da cara lain?

    BalasHapus
  2. coba tha.. dikasih lihat video atau gambaran mengenai kisah nyata yang menyebabkan rokok itu membawa kematian atau bahaya bagi kesehatan atau bisa juga diajak ke rumah sakit yang menlayani masalah penyakit-penyakit akibat dari rokok tersebut. Biasanya jika telah melihat sendiri seseorang akan lebih terbuka hatinya.

    BalasHapus
  3. para pria tahu bahaya dan akibat dari rokok..tapi herannya sulit sekali untuk berhenti..
    ayah saya adalah seorang perokok..dulu ayah saya pernah mencoba untuk berhenti merokok..tapi selalu sulit..ayah saya selalu menyuruh saya membelikannya rokok diwarung..kalau dulu saya disuruh beli sebungkus..kalau saat itu terkadang saya hanya disuruh membeli dua batang saja..ibu saya selalu memperingatkannya tapi alasannya "hanya dua batang saja"..tapi semakin lama jumlah batang rokok yang saya beli bertambah hingga akhirnya menjadi sebungkus..kembali lagi ayah saya merokok..dan usahanya selama itu gagal..ibu, saya dan keluarga hanya maklum saja..jadi, bagaimana sebaiknya?

    BalasHapus
  4. kaLau udah dinasihati tetap susah berhenti merokok, berarti untuk benar-benar bisa berhenti merokok perlu ada niat dalam hatinya sendiri, kita hanya bisa mendorongnya untuk berhenti. Teruslah untuk menasihatinya dengan menceritakan apa saja bahaya yang ditimbulkan dari rokok itu sendiri, dan telah banyak orang yang menderita karenanya. Lambat laun maka ayah nurul juga bakal merasakan bahwa merokok itu merugikan dan kesehatanlah yang lebih penting.

    Seperti ayah saya, dulu ia juga mengalami kesulitan untuk berhenti merokok tapi karena ada niat dalam dirinya sendiri untuk berhenti merokok maka ia akhirnya berhenti merokok. Bahkan begitu niat itu muncul dan ayah saya mencoba sebatang rokok lagi untuk memastikan ternyata kenikmatan yang selama ini ayah saya rasakan ketika merokok sudah tidak ada lagi, katanya waktu itu rokok yang ia hisap rasanya berubah jadi sangat pahit. Mungkin itulah gunanya keyakinan hati.

    BalasHapus
  5. gw sebernya benci sekali sama yang namanya rokok,,
    oleh karena itu rokok sering gw bakar tapi klo dibakar trus ga di hisapkan jadi mubahkan???...
    oleh karena itu gw hisap deh,,eh ga taunya mlah jadi kecanduan....
    hehe...

    BalasHapus
  6. ^ ardy : jiaaa.. kalau gitu siapa yang salah ??
    maka ny, dari pada mubajir mending ngk usah beli rokok sekali'an [!]

    ud tau kan kalau rokok bahaya ?? kenapa masih dibeli (uang kok dibakar).
    Mulai sekarang coba ajj kurangin ngrokoknya ntar lama-lama juga bakal bosen.

    btw, nii ardy mana yaa ??

    BalasHapus