Kamis, 03 Juni 2010

Olahraga di Tempat Hijau Tingkatkan Kesehatan Mental

Jika tidak ingin kesehatan mental terganggu akibat beban kerja yang terlalu berat atau karena faktor sosial ekonomi, sempatkan berolahraga di tempat terbuka walau hanya dilakukan hanya 5 menit.

Olahraga yang dilakukan di tempat terbuka rupanya dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Demikian hasil satu studi yang dilakukan para peneliti dari University of Essex, Inggris.

Beberapa peneliti dari universitas itu menyebutkan bahwa hanya dengan lima menit melakukan “kegiatan hijau” seperti berjalan, berkebun, bersepeda atau menanam pohon dapat mendorong semangat dan penghargaan dalam diri.

Banyak kajian telah memperlihatkan bahwa berolahraga di tempat terbuka dapat mengurangi resiko sakit mental dan meningkatkan rasa sehat. Dengan begitu mereka tidak akan lagi mengeluarkan biaya berobat karena sakit.

Tapi Jules Pretty dan Jo Barton yang memimpin studi tersebut, mengatakan sejauh ini tak seorang pun mengetahui berapa waktu yang perlu diluangkan dalam berolahraga di tempat hijau agar manfaatnya terlihat.

Barton dan Pretty mengkaji data dari 1.252 orang dengan status kesehatan mental, jenis kelamin dan usia yang berbeda yang diambil dari 10 studi yang ada di Inggris. Mereka menganalisa kegiatan seperti berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, mendayung, menunggang kuda dan menanam pohon.

Mereka mendapati bahwa perubahan kesehatan terbesar terjadi pada pemuda dan orang yang menderita sakit mental, kendati orang dari semua usia dan kelompok sosial juga menikmati manfaatnya. Dampak positif yang paling besar pada penghargaan diri muncul dari dosis lima menit olahraga “di tempat hijau”.

Semua lingkungan hidup alamiah bermanfaat termasuk taman di kota kecil atau besar. Kata mereka, tapi daerah hijau dengan air tampaknya memiliki dampak yang lebih positif dibandingkan dengan daerah yang kering.





Sumber :

Iis. 2010. Olahraga di Tempat Hijau Tingkatkan Kesehatan Mental. Harian Warta Kota Minggu, 30 Mei 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar