Rabu, 02 Juni 2010

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menghindari Gangguan Ini

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

· Melatih anak sejak dini mengenali emosi mereka. Bagaimana cara mengenalkan emosi pada anak? Mulai dari hal yang sederhana dengan memberikan gambar gambar atau foto ketika tertawa, menangis, cedí, dan gembira. Bisa juga dengan melakukan permainan peran emosi. Pengenalan emosi pada anak sangat penting agar anak paham kondisi dirinya ketika mengalami emosi tersebut.

· Diskusi sesering mungkin dengan anak, mengapa emosi tersebut muncul. Beri anak waktu dan ruang untuk menangis sehingga memiliki media melampiaskan emosi. Hal terpenting dalam diskusi adalah mendiskusikan mengapa emosi tadi muncul dalam dirinya. Beri penjelasan dalam bahasa anak dan meyakinkan tentang terjadinya hal di atas.

· Melatih kemandirian atau self-otonomi anak, yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap regulasi emosi. Mulai dari memiliki tempat tidur hingga kamar sendiri.

Admin. Gangguan Kecemasan Berpisah. http://community.um.ac.id/showthread.php?56003-Gangguan-Kecemasan-Berpisah-%28Separation-Anxiety-Disorder%29. 17 Mei 2010. 10:43 PM.

Admin. Gangguan Kecemasan Berpisah Separation Disorder. http://medicastore.com/penyakit/3297/Gangguan_Kecemasan_Berpisah_Separation_Anxiety_Disorder.html. 17 Mei 2010. 10:43 PM.

Admin. 2008. Mengatasi Gangguan Kecemasan Pada Anak. http://tangerangonline.com/berita/kesehatan/2008/09/27/mengatasi_gangguan_kecemasan_pada_anak. 17 Mei 2010. 10:43 PM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar