Kamis, 03 Juni 2010

Khasiat Pandan Wangi

Siapa yang tidak kenal tanaman yang satu ini, pandan wangi. Ibu-ibu biasa menyediakan pandan wangi di lemari es untuk memberikan aroma yang wangi saat memasak nasi, kue atau makanan lain seperti kolak dan bubur kacang hijau.

Aromanya yang khas menjadikan pandan wangi merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari family Pandanaceae dengan aroma wangi yang khas.

Pandan wangi ternyata juga bisa digunakan sebagai obat. Bagian dari panadan wangi yang bisa digunakan untuk obat adalah daunnya. Pandan wangi berkhasiat mengatasi lemah saraf (neurasthenia), tidak nafsu makan, rematik, pegal linu, sakit disertai gelisah, rambut rontok, menghitamkan rambut dan ketombe.

Cara Penggunaan Pandan Wangi

· Untuk pemakaian dalam

Daun pandan segar sebanyak 2-5 lembar diiris-iris secukupnya lalu direbus atau diseduh kemudian diminum. Atau bisa juga daun pandan ditumbuk lalu diperas dan diminum.

· Untuk pemakain luar

Daun dicuci bersih lalu digiling halus. Letakan pada luka atau kulit kepala yang berketombe.

Contoh pemakaian

· Lemah saraf

Daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu dipotong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum pagi dan sore hari, masing-masing satu gelas.

· Rematik dan pegal linu

a. Daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk rata. Setelah dingin siap digunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.

b. Daun pandan segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar, dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing satu sendok makan. Aduk sambil diremas untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

· Ketombe


Daun pandan segar sebanyak 7 lembar dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan ½ cangkir air bersih lalu dioleskan ke seluruh kulit kepala yang berketombe, biarkan mengering. Jika perlu ulangi sekali lagi, kira-kira ½-1 jam kemudian rambut dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari sampai sembuh.





Sumber :

Wik. 2010. Pandan Wangi Sembuhkan Rematik. Harian Warta Kota Minggu, 30 Mei 2010..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar