Minggu, 27 November 2011

Psikologi dan Teknologi Internet (Softskill)

psikologi dan teknologi internet


Ø Aspek desain official website oleh pemerintah, corporate, pribadi

· Aspek desain official website oleh pemerintah

Official website yang digunakan disini adalah official website milik pemerintah Indonesia dan Korea Selatan.


Indonesia (http://www.indonesia.go.id/en/)



Untuk website Indonesia digunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam bentuk tampilan, website ini terlihat sangat menarik karena website ini menyajikan berbagai menu lengkap, seperti :

- Menu Home

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan kenegaraan Indonesia, seperti misalnya berita-berita dalam negeri Indonesia dalam hal agama, alam, bencana, ekonomi, hak asasi manusia, kelautan, industry, IPTEK, budaya, kehutanan, militer, kependudukan, kesehatan, pemerintahan, pariwisata, olahraga, pendidikan, transportasi, pertahanan dan keamanan, pertanian, politik, fasilitas dan infrastuktur, sosial dan sebagainya. Dengan adanya pembagian topik berita seperti ini memudahkan pengunjung atau individu untuk memperoleh informasi secara mudah berdasarkan topik yang ingin diketahuinya.


- Menu informasi sekilas mengenai Indonesia (Indonesia at a Glance)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai geografi Indonesia, simbol Negara Indonesia, politik dan kepemerintahan Indonesia, serta visi, missi dan strategi kenegaraan Indonesia.


- Menu informasi mengenai presiden dan wakilnya (President & Vice)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai Kepresidenan (berisi informasi mengenai biografi presiden Republik Indonesia), galeri presiden (berisi informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan presiden dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya), wakil presiden (berisi informasi mengenai biografi wakil presiden Republik Indonesia), galeri wakil presiden (berisi informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan presiden dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya).


- Menu informasi mengenai kabinet bersatu Indonesia (United Indonesia Cabinet)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai pembagian-pembagian kementrian di Indonesia (seperti menteri agama, menteri SDM, menteri luar dan dalam negeri, menteri kehutanan, menteri hukum dan HAM, menteri kesehatan dan sebagainya). Pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai tugas dan tanggung jawab para menteri Indonesia, seperti misalnya penjelasan tugas untuk menteri koordinasi atau pelayanan yaitu mengkoordinasi persiapan dan penyusunan pelaksanaan kebijakan dalam tanggung jawab pemerintahan Negara (mempertahankan persatuan dan kesatuan bahasa serta mengkoordinasi kebijakan pemerintah baik di pusat maupun daerah). Selain kedua kedua informasi tersebut, pengunjung dapat pula memperoleh informasi mengenai pembagian tugas untuk jabatan setara menteri yang memiliki tanggung jawab langsung kepada presiden (Kejaksaan Agung, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisisan Republik Indonesia serta Satuan Presiden Pengawas dan Pengendali Pembangunan).


- Menu informasi mengenai peraturan hukum Indonesia (Law Regulations)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai peraturan hukum di Indonesia, peraturan pemerintah pengganti undang-undang, keputusan presiden, peraturan pemerintah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan peraturan hokum Indonesia.


- Menu informasi Laporan (Statements)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sambutan-sambutan, pidato atau pengarahan presiden, keterangan presiden serta penyampaian pengantar/keterangan pemerintah oleh presiden dan wakil presiden selama menjabat dan melaksanakan tanggung jawabnya.


- Menu informasi mengenai istana kepresidenan (Palaces)

Dalam menu ini pengunjung atau individu dapat memperoleh informasi mengenai sejarah pembangunan istana kepresidenan, baik istana Jakarta, istana Bogor, istana Tampak Siring, istana Cipanas maupun Istana Yogyakarta.


Selain aspek desain atau tampilan official website pemerintah Indonesia tersebut diatas, official website ini juga menarik karena warnanya. Warna yang digunakan dalam website ini adalah perpaduan warna merah dan putih disertai dengan adanya lambang Negara Republik Indonesia serta gambar kepulauan dan kebudayaan Indonesia (batik dan Borobudur). Perpaduan warna dan gambar sangat teratur dan seimbang, sehingga dapat benar-benar menciri khaskan Negara Indonesia.


Warna merah diartikan sebagai keberanian, optimisme dan antusias. Warna merah juga sering diidentikan sebagai simbol perjuangan. Secara sifat warna merah memberi stimulasi dan dominan, erat kaitannya dengan sifat hangat serta kemakmuran. Sedangkan warna putih sering dianggap sebagai simbol awal baru, kemurnian dan kesucian. Kualitas positif, bersih dan segar. Putih, juga sering diidentikkan dengan ketulusan. Warna putih melambangkan kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi. Karena itu, pilihan perpaduan warna merah dan putih yang digunakan dalam website Indonesia tersebut mengesankan adanya perpaduan keberanian dengan ketulusan, dimana keberanian dilaksanakan untuk kebaikan. Sehingga mungkin inilah yang menjadi filosofi pemerintah Indonesia menggunkan perpaduan warna merah dan putih sebagai warna dasar official website Indonesia, yaitu agar dapat member sifat hangat dan kemakmuran seperti cirri khas Negara Indonesia, yaitu kehangatan warga negaranya terhadap sesama yang datang tulus murni dari dalam lubuk hati masyarakat Indonesia, sehingga dengan terciptanya kehangatan tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan dalam kehidupan sosial warga negaranya.


Korea Selatan (http://www.korea.net/index.html)



Sedangkan untuk website Korea Selatan digunakan beberapa macam bahasa, diantaranya yaitu Korea, Jepang, China, Spanyol, Inggris dan Arabian. Dalam bentuk tampilan, website ini terlihat sangat menarik karena website ini menyajikan berbagai menu lengkap, seperti :

- Menu Home

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan kenegaraan Korea Selatan, seperti misalnya informasi mengenai instansi pemerintah, siaran pers pemerintah, kegiatan diplomatik serta pidato-pidato dalam negeri Korea Selatan. Selain itu disediakan pula pilihan berita mengenai fokus kebijakan pemerintah Korea terhadap laut timur dan pulau Dokdo serta kebijakan-kebijakan lainnya.


- Menu fokus-fokus baru

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan berita-berita terbaru dalam negeri Korea Selatan (kepemerintahan, bisnis, budaya dan wisata, kemasyarakatan, opini serta ruang ekspatriat Korea Selatan.


- Menu penjelajah Korea

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan isu-isu Korea Selatan (sejarah singkat kemerdekaan Korea Selatan), bisnis (menu ini menyajikan potensi ekonomi Korea untuk menjadi pusat bisnis di wilayah Asia Timur dengan memperkenalkan pada dunia akan industri-industri andalan Negara mereka, melakukan investasi dan inisiatif perdagangan bebas), budaya (memberikan gambaran lengkap budaya Korea melalui berbagai aspek, seperti melalui makanan, pakaian, musik, arsitektur, seni, film, drama, animasi dan sejenisnya), gaya hidup (membantu memberikan informasi mengenai masalah hukum yang berkaitan dengan tata cara bertempat tinggal di Negara Korea bagi penduduk bukan warga Korea serta memberikan panduan bagi mereka agar dapat hidup dengan nyaman dan menyenangkan), pendidikan (memberikan panduan umum bagi mereka yang ingin belajar di Korea, membantu memberikan informasi mengenai sejarah, politik dan ekonomi kawasan Asia Timur yang mungkin dibutuhkan mereka dalam massa menuntut ilmu di Negara Korea) dan wisata (memberikan informasi mengenai tempat-tempat wisata serta pemandangan alam yang indah di Korea, termasuk informasi mengenai acara-acara festival yang biasa diadakan oleh warga Korea).


- Menu peristiwa atau kejadian-kejadian

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan kalender, wilayah pembagian provinsi dan peristiwa penting di Korea Selatan.


- Menu kepustakaan

Dalam menu ini terdapat informasi mengenai hal-hal umum yang berkaitan dengan kepustakaan Korea seperti dalam bentuk bulletin ekonomi, fitur-fitur budaya Korea, patung-patung Budha dan tari tradisional Korea, penemuan-penemuan ilmiah dan alami serta informasi mengenai makanan-makanan khas Korea.


- Menu direktori

Menu ini memberikan informasi yang paling relevan mengenai seni Korea, bisnis, kepemerintahan, media berita, ilmu pengetahuan, masyarakat, olahraga dan pariwisata Korea.


Selain aspek desain atau tampilan official website pemerintah Korea Selatan tersebut diatas, official website ini juga menarik karena warnanya. Warna yang digunakan dalam website ini adalah perpaduan warna biru tua, biru muda dan putih disertai dengan adanya lambang-lambang huruf Korea (Hangul) yang membentuk sebuah kalimat pendek serta terdapat pula gambar peta wilayah Asia dengan Negara Korea sebagai pusatnya. Perpaduan warna dan gambar yang digunakan teratur dan seimbang, sehingga terlihat menarik dan menyenangkan.


Warna biru mengesankan adanya loyalitas, semangat dan penuh kehangatan sehingga seolah mendukung segala aktivitas kenegaraan Republik Korea yang penuh semangat bekerja keras. Warna biru juga sering diidentikan sebagai kepercayaan diri dan kedinamisan. Hal ini sesuai dengan motto bangsa Korea yaitu bawalah keuntungan kepada seluruh rakyat. Sedangkan warna putih sering dianggap sebagai simbol awal baru, kemurnian dan kesucian. Kualitas positif, bersih dan segar. Putih, juga sering diidentikkan dengan ketulusan. Warna putih melambangkan kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi. Karena itu, pilihan perpaduan warna biru dan putih yang digunakan dalam website Korea tersebut mengesankan adanya semangat. Hal ini juga sesuai dengan sifat bangsa Korea yang dinamis, dimana mereka mengusahakan segala sesuatu dengan semangat menuju keberhasilan untuk kepentingan bersama. Sehingga mungkin inilah yang menjadi filosofi pemerintah Korea menggunkan perpaduan warna biru dan putih sebagai warna dasar official website Korea, yaitu agar dapat membawa kepercayaan diri, semangat, kehangatan untuk menciptakan keadaan yang dinamis.


Dibandingkan dengan website Indonesia, website Korea lebih memungkinkan untuk dikunjungi banyak orang karena tersedianya berbagai pilihan bahasa yang lebih banyak ketimbang website Indonesia yang hanya menggunakan dua pilihan bahasa. Namun begitu, kedua website tersebut memiliki kesamaan dalam kelengkapan informasi pada masing-masing menunya. Berita-berita atau informasi-informasi yang disediakan sama-sama menarik dan jumlahnya kelengkapannya tidak sedikit, sehingga dapat menambah wawasan pembaca atau pengunjung website mengenai keadaan Negara tersebut baik dalam budaya, sosial, politik, pariwisata atau hal-hal terkait lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar